Pentingnya Menggunakan Packaging Saat Mengirim Barang

ParselDay

Membeli makanan secara delivery sekarang bukan lagi hal asing, bahkan hal itu lebih sering dilakukan oleh banyak orang dibanding pergi makan diluar. Terutama bagi orang dengan tingkat kesibukan dan kemalasan yang tinggi. Biasanya makanan tersebut akan dibungkus dengan kemasan yang menarik dan lucu. Tidak jarang yang mempengaruhi terjadinya sebuah pembelian itu karena kemasan atau packagingnya. Kira-kira apa sih yang membuat kemasan tersebut menjadi penting :

1. Melindungi barang dari goncangan

Sudah jelas bahwa kegunaan dari packaging adalah untuk melindungi barang tersebut dari segala resiko yang mungkin terjadi pada saat pengiriman. Khususnya jika menggunakan jasa kurir sebagai metode pengirimannya. Maka dari itu, kemasan juga menjadi kebutuhan yang penting. Jangan sampai karena kemasannya yang tidak sesuai membuat barang tersebut menjadi rusak.

2. Mempermudah proses pengiriman

Barang yang sudah dikemas dengan baik akan membantu kurir untuk dapat mengantarkannya dengan aman. Setiap jenis pengiriman tentu mempunyai kriteria barang apa saja yang bisa diantarkannya. Misalnya untuk kurir motor, berat dari barang yang diantarkan tidak boleh melebihi 25 kg, serta besarnya tidak boleh lebih besar dari pengendara motor itu sendiri. Maka dari itu, packaging yang baik akan membantu kurir untuk mengantarkannya dengan aman dan selamat.

3. Presentasi yang menarik

Kemasan dari barang akan menentukan persepsi seseorang. Jika dikemas dengan menarik maka asumsi orang terhadap barang tersebut juga akan baik. Sama halnya ketika orang membeli buku dilihat dari covernya. Memang benar, cover bukanlah segalanya, tapi cover tersebut juga menentukan apakah buku itu akan dibeli atau tidak. Begitu pun dengan kemasan atau packaging yang menarik. Sebab orang akan memberikan penilaian pada packaging tersebut.

4. Menghemat biaya

Menggunakan packaging dapat menghemat biaya? Ya tentu saja, anggap saja itu sebagai sarana promosi yang bermanfaat. Jika biasanya perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk memasang iklan di media cetak atau elektronik. Dengan adanya packaging, itu bisa jadikan media untuk mengiklankan brand perusahaan. Sebab setiap orang yang menerima barang tersebut pasti akan melihat packagingnya dulu. Tidak jarang, jika packagingnya menarik, orang akan turut memotret barang tersebut bersama dengan packagingnya.

5. Sekali pakai dan hygenis

Kemasan pada makanan membutuhkan perhatian yang khusus. Pengetahuan konsumen tentang kemasan yang tidak baik sebagai wadah makanan sekarang sudah semakin jelas. Maka dari itu, penggunaan wadah kemasan plastik akan lebih aman dibandingkan menggunakan styreofoam. Selain itu dengan kemasan plastik yang sekali pakai akan lebih aman juga. Sebab begitu selesai digunakan tidak bisa dipakai lagi.

Jangan lupa untuk mengemas barang yang ingin dkirimkan dengan baik dan juga menarik. Sebab hal itu bisa menjadi nilai tambah bagi dimata konsumen. Dan pastinya akan membuat barang yang dikirim menjadi lebih aman.

Baca juga : Mengapa Kurir harus Mengikuti Training?

image source : https://www.designprintdigital.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *