Tips kalau Kamu Terpaksa Menerjang Hujan

 

banjir

Musim hujan datang, warga Jakarta sudah harus siap kedatangan banjir juga. Maka dari itu, jika kamu sedang mengendarai motor dan terhalang banjir, dan kamu nekat untuk menerjangnya, lebih baik perhatikan tips berikut ini. Tapi ingat harus tetap berhati-hati saat menerjang banjir, karena motormu bisa saja terkena penyakit motor.

  1. Perhatikan ketinggian air. Jangan melewati air banjir yang tingginya mencapai 30cm, atau setinggi knalpot dan sejajar dengan saringan udara.
  2. Jika kamu udah “nyebur” ke banjir, jangan langsung nyalakan mesin, karena kita gatau apakah ada air yang masuk atau tidak
  3. Kalau motormu adalah tipe matic, sebaiknya buka cover saringan udara terlebih dahulu dan nyalakan menggunakan kick starter.
  4. Setelah itu cek busi lalu kick starter kembali tanpa menggunakan busi. Hal itu berguna untuk mengeluarkan air yang sudah masuk, pastikan tak ada air yang keluar dari lubang busi.
  5. Jangan lupa juga untuk membersihkan busi dari kotoran yang ada di air banjir. Setelah itu, pasang kembali saringan udara untuk motor matic dalam kondisi kering. Setelah itu pasang busi dan nyalakan kembali

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *