Peraturan Mengenai Pengangkutan Barang di Motor

Parselday

1. Muatan/ Barang tidak melebihi setang kemudi

Pengemudi tentu saja akan kesulitan jika mengemudi tapi ada barang yang mengganggu kelancaran setang kemudi. Apalagi kemudi merupakan posisi yang vital dalam berkendara. Salah sedikit bukan hanya merugikan pengendara sendiri saja tapi juga pengendara lain.

2. Tinggi muatan tidak melebihi tempat duduk pengemudi

Barang atau muatan yang terlalu tinggi akan menghalangi pandangan dari pengemudi hingga menyebabkan pengemudi tidak bisa melihat jalan dengan benar. Konsentrasi pengemudi pun akan terbagi antara memperhatikan jalan atau menjaga barang bawannya agar tetap aman.

3. Barang tidak menutupi spion dan lampu sein

Spion dan lampu sein juga adalah hal yang penting dalam sepeda motor. Tujuannya agar pengendara dapat melihat keadaan sekitar sebelum memutuskan untuk belok ataupun berhenti agar tidak mengejutkan pengendara lain.

4. Berat muatan/barang tidak melebihi beban maksimal

Membawa barang atau muatan yang terlalu banyak juga tidak baik. Motor akan terlalu sulit untuk dikemudikan karena bebannya yang terlalu berat. Selain itu mesin motor juga dipaksa untuk bekerja lebih keras sehingga akan cepat rusak.

5. Barang/muatan terikat di motor dengan pasti

Saat ingin membawa brang pastikan barang bawaan tersebut terikat dimotor dengan kuat. Hal itu agar barangnya tidak mudah jatuh ataupun rusak karena goncangan. Setiap kendaraan pasti memiliki resiko terhadap goncangan tapi jika menggunakan motor resikonya lebih besar.

Jadi, pastikan kamu mengenal peraturannya dulu sebelum membawa barang atau gunakan saja jasa kurir yang baik yang memiliki fasilitas pendukung seperti courier bag untuk mengirimkan barang.

Baca juga : 5 Hal yang Tidak Bisa Diantarkan Oleh Sepeda Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *