Metode Pembayaran yang Paling Sering Digunakan Oleh Bisnis Online

ParselDay

Banyak bisnis di Indonesia yang beroperasi secara online. Bahkan hingga bisnis yang sudah besar secara fisik, juga ikut meramaikan bisnis online, seperti industri retail e-commerce. Aktivitas bisnis yang dilakukan secara online seperti pembuatan order, hingga pembayaran pun ikut dilakukan secara online.

Sistem pembayaran adalah hal yang dijadikan pusat perhatian, karena hal itulah yang turut membangun kepercayaan dari konsumen. Berikut sistem pembayaran apa saja yang paling sering digunakan oleh bisnis online di Indonesia.

1. Bank transfer

Membayar melalui transfer antar bank adalah cara pembayaran yang paling banyak dan hampir selalu disediakan oleh bisnis online di Indonesia. Cara ini paling banyak digunakan karena kemudahannya dan juga lebih terjamin kepercayaannya jika membayar transfer atau bank. Kelemahannya adalah konsumen diharuskan berangkat pergi untuk bank atau atm untuk melakukan pembayaran.

2. Credit card

Kartu kredit sebagai salah satu metode pembayaran online dikenal dengan cara yang paling mudah. Konsumen hanya perlu memasukan nomor kartu kreditnya dan tanpa perlu melakukan konfirmasi lagi, segala biaya yang harus dibayar akan langsung ditagihkan ke kartu kredit konsumen. Namun kelemahannya adalah tidak semua konsumen mau memiliki kartu kredit.

3. COD (Cash On Delivery)

COD memungkinkan konsumen untuk membayar barang yang dibelinya pada saat barang itu diantarkan. Tentu saja metode ini sangat menguntungkan bagi konsumen. Karena konsumen bisa membayar setelah melihat barang yang telah diberikan dan jika tidak puas dengan kondisi barang tersebut, konsumen bisa langsung mengajukan komplain.

Baca juga : Hubungan Antara Bisnis E-commerce dan Jasa Kurir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *