Kenapa Kurir Indonesia Jarang Ada yang On Time?

ParselDay

“Maaf ya, Mbak. Tadi jalanannya macet banget”

“Waduh, maaf ya Bu, lama sampainya, saya jarang lewat sini, jadinya tadi pas puter balik kejauhan”

“Maaf ya pak, tadi GPS nya error, jadi saya nyasar deh”

Kamu sering mendengar alasan diatas dari jasa kurir yang kamu gunakan. Well, bisa jadi itu kejadian yang sebenarnya atau hanya sekedar alasan yang dipakai supaya tidak marahi olehmu. Meskipun kurir yang mengantarkan barangmu sudah minta maaf, tapi tetap saja kamu adalah pihak yang dirugikan. Apalagi jika barang yang diantarkan adalah barang yang super penting.

Dari banyaknya jasa kurir yang sering terlambat, apasih alasan yang sebenarnya membuat mereka terlambat? Kalau karena macet, keadaan jalanan di ibukota dan sekitarnya memang selalu macet. Begitu juga dengan maps yang digunakan, jikalau sering error bukan berarti salah sistemnya saja tapi juga manusianya karena kurang mempersiapkan dengan baik.

Jika ditelisik dari sisis budaya, masyarkat Indonesia sendiri tidaklah memiliki orientasi budaya yang baik. sehingga dampak negatifnya kurang menghargai waktu. Berbeda dengan budaya barat yang sangat berorientasi pada waktu sehingga kepeduliannya pada waktu sangat ditunjukan. Jadi karena sudah menjadi budaya, banyak orang Indonesia, termasuk kurir yang tidak terlalu mementingkan ketetapan waktu.

Selain karena sudah menjadi budaya, kurangnya pemahaman pentingnya waktu juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa kurir di Indonesia sering banyak yang terlambat. Mereka tidak menganggap penting amanah yang sudah diberikan oleh pelanggan sehingga tidak merasa terbebani untuk datang tepat waktu.

Atau mungkin alasan kurir Indonesia sering terlambat adalah karena masyarakat Indonesia terlalu baik dan mudah memberikan maaf. Memaafkan kesalahan orang lain tentulah baik, namun tetaplah dari kesalahan itu ada sesuatu yang harus dikorbankan. Banyak orang Indonesia juga yang tidak mempermasalahkan keterlambatan sehingga pelaku yang sering terlambat ini merasa bahwa itu bukanlah hal yang salah melainkan hal yang wajar.

Tapi, tidak semua kurir itu sering terlambat lho, contohnya jasa kurir ParselDay. Dimana kurirnya selalu berusaha tepat waktu karena sudah mendapatkan pemahaman tentang pentingnya waktu bagi kehidupan apalagi bagi dunia bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *