3 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Memilih Jasa Kurir

parselday

Pada saat ingin mengirimkan barang atau dokumen penting, pasti kamu akan sangat berhati-hati dalam memilih jasa kurirnya, kan? Banyak sekali jasa kurir yang memberikan janji setinggi langit, tapi kenyataannya tidak profesional pada saat mengantar barang.

Kamu pasti pernah dengar kasus barang yang salah kirim atau rusak pada saat diperjalanan? Begitu kamu coba mencari bantuan dan kepastian dari  pihak jasa kurir, customer servicenya ternyata tidak responsive, dan kamu hanya mendapat jawaban dari mesin penjawab saja. Menyebalkan, kan?

Hal seperti itu bukanlah sesuatu yang langka terjadi di jasa kurir, tapi lumayan sering dialami. Tapi bukan berarti mencari jasa kurir yang berkualitas itu sulit. Rasa percaya terhadap jasa kurir biasanya muncul dari pengalaman. Nah, jika kamu belum pernah mencoba menggunakan jasa kurir, bagaimana bisa percaya? Tenang, sebelum akhirnya kamu berhasil memutuskan, ini adalah hal yang bisa kamu pikirkan :

1. Cek reputasinya secara online

Sekarang hampir semua hal bisa kamu ketahui dari internet. Jadi, cara gampangnya adalah googling saja jasa kurir yang ingin kamu gunakan. Jika dari hasil pencariannya kamu menemukan banyak kejanggalan seperti artikel pembaca yang tidak puas terhadap layanan yang diberikan oleh jasa kurir atau mungkin bisa melihat tingkat keaktifa jasa kurir tersebut di sosial media. Popularitas sebuah jasa kurir memang tidak menentukan apakah jasa kurir itu bisa dipercaya atau tidak, tapi setidaknya jika terjadi sesuatu, kamu bisa mendapatkan respon cepat dari sosial media.

2. Baca syarat dan ketentuan yang berlaku

Walaupun ini sering diabaikan alias gak dibaca, tapi syarat dan ketentuan yang berlaku ini penting sekali untuk dibaca. Karena disitulah kamu bisa lebih yakin pada saat ingin mengirimkan barang atau dokumenmu. Jangan sampai ketika sudah terjadi masalah baru kamu menyadari bahwa pihak jasa kurir tidak bertanggung jawab dan telah kamu setujui di kolom syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah membaca semuanya dengan seksama, pastikan lagi apakah jasa kurir tersebut memberikan jaminan terhadap barangmu atau tidak. Jika ada jaminan maka kamu bisa lebih percaya, jika tidak itu artinya kamulah yang harus lebih berhati-hati lagi.

3. Fasilitas yang disediakan oleh jasa kurir

Setelah kamu cukup yakin, lihat kembali apakah jasa kurir tersebut dapat memenuhi kebutuhan pengirimanmu atau tidak. Misalnya memiliki box atau tas yang sesuai standar untuk mengirimkan barangmu. Terutama jika barang atau dokumen yang kamu kirimkan itu sangat penting, pastinya kamu ingin perlakuan yang khusus juga kan.

Agar kamu tidak ikut mengalami kisah-kisah buruk dalam dunia pengiriman, jangan lupa untuk selalu mengecek ketiga hal diatas. Pilihlah jasa kurir yang baik yang dapat memenuhi segala kebutuhan dan tentu saja dapat diandalkan.

Baca juga : Terlalu lama mengirim bara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *