Apa Peran Logistik Bagi Kehidupan Sehari-hari ?

ParselDay

Industry logistik diramalkan akan menjadi industri yang akan sangat maju dalam 5 sampai 10 tahun kedepan. Didukung dengan industry e-commerce yang semakin hari semakin maju, hal itu diiringi dengan kemajuan di bidang logistik.

Logistik sendiri merupakan serangkaian kegiatan yang berantai atau supply chain yang meliputi transportasi, pengiriman, penerimaan, penyimpanan dan pengaturannya. Contoh kecilnya adalah kegiatan kita berbelanja online. Barang yang kamu beli secara online tidak akan bisa kamu pakai atau gunakan kalau tidak diantarkan, bukan? Karena kamu membelinya secara online sehingga wujud nyata dari barang itu tidaklah kamu lihat.

Bayangkan kalau misalnya tidak ada logistik, dan kamu membeli barang dari luar negeri secara online ,tentu akan sulit sekali bagimu untuk mendapatkan barang itu. Namun dengan adanya logistik, maka kamu tidap perlu repot lagi, hanya cukup membayar dan menunggu barang itu sampai kepadamu. Maka dari itu, keberadaan logistik sangat penting bagi kehidupanmu sehari-hari, terutama bagi perusahaan.

Bukan hanya perusahaan e-commerce yang membutuhkan jasa logistik, melainkan hampir semua jenis perusahaan. Karena bukan hanya barang jualan saja yang membutuhkan jasa logistik, tapi juga industry, technology, telecommunication, hingga food and beverages. Misalkan kalau para perusahaan itu tidak didukung oleh jasa logistik, mungkin saat ini kita masih belum bisa berkomunikasi di luar pulau, karena kebutuhan logistiknya sulit untuk dipenuhi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *